Di dunia bisnis, istilah mental block sudah sedemikian populer, tetapi jarang dibahas di dunia pendidikan. Padahal "penyakit" yang satu ini diakui telah mengakibatkan kemandegan dan kemunduran banyak orang. Kesuksesan yang diraih oleh seseorang konon tidak lepas dari kemampuan seseorang melepaskan diri dari jeratan mental block.
Kamis, 10 Mei 2012
4 TIPE PROFESIONALITAS GURU
Profesionalisme merupakan tuntutan mendasar bagi setiap guru saat ini. Profesionalisme guru dapat diketahui dari berbagai cara di antaranya berdasarkan sikap guru terhadap pekerjaannya. Sikap tersebut dengan sendirinya juga menentukan "nilai" seorang guru.
Guru profesional idealnya merupakan seorang yang mencintai dan menikmati pekerjaannya. Ini merupakan prasyarat mendasar yang secara mental seharusnya melekat pada diri setiap guru. Masalahnya, tidak semua guru merupakan orang yang berkarakter demikian. Ada guru yang menikmati pekerjaannya, dan melihat setiap persoalan yang ada di hadapannya sebagai peluang dan tantangan. Ada pula guru-guru yang tidak menghayati dan menempatkan pekerjaannya sebagai sesuatu yang dapat membuatnya merasa tertantang.
Minggu, 06 Mei 2012
PENDIDIKAN SEKS: SEBUAH MISPERSEPSI
Sebagai sebuah lembaga pendidikan anak, kami tidak pernah berniat membekali anak didik dengan pengetahuan memadai mengenai seks. Kami berfikir mereka masih anak-anak dan pada saatnya mereka akan belajar sendiri saat memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pengetahuan mengenai seksualitas akan lebih mengena bila diajarkan saat mereka memasuki masa remaja dan bukan saat masa kanak-kanak.
Jumat, 16 Maret 2012
BIJAK MENYIKAPI WALI MURID
Setiap sekolah memiliki beragam wali murid dengan berbagai karakteristik masing-masing. Tingkat kesejahteraan ekonomi tidak selalu menjadi ukuran kesediaan wali murid untuk memberikan dukungan terhadap sekolah. Ada yang secara ekonomi berkecukupan dan ada pula yang pas-pasan. Wali murid yang secara ekonomi berkecukupan ada yang mendukung pengelolaan sekolah, tetapi ada pula yang penuh perhitungan. Wali murid yang secara ekonomi termasuk pas-pasan ada yang mendukung pengelolaan sekolah, tetapi ada pula yang sebaliknya.
TIPE-TIPE PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter merupakan keniscayaan atau sesuatu yang pasti terjadi dalam setiap penyelenggaraan pendidikan. Seperti apapun pola penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah dengan sendirinya akan mempengaruhi pembentuk karakter siswa-siswinya, terlepas karakter dimaksud termasuk karakter positif maupun sebaliknya.
Kamis, 01 Maret 2012
URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter yang paling menonjol terletak pada adanya berbagai kegiatan yang ditujukan dalam rangka membangun sikap dan perilaku positif melalui kebiasaan-kebiasaan baik.
Penekanan pada pendidikan karakter diperlukan mengingat beberapa pertimbangan, di antaranya:
1. Pemahaman baru mengenai konsep kesusksesan
Kesuksesan hidup anak manusia pertama-tama ditentukan oleh kualitas mental dan kepribadian, yang tercermin dalam sikap mental dan perilaku setiap individu. Kemampuan kognitif dan ketrampilan individu tidak memadai untuk mengantarkan pada kesuksesan hidup, bilamana tidak ditunjang dengan sikap mental yang positif.
Minggu, 26 Februari 2012
TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter menjadi wacana pendidikan yang cukup menonjol di Indonesia akhir-akhir ini. Beragam konsep sudah diajukan oleh para pemerhati pendidikan, meski aplikasinya masih belum terbayangkan. Instansi pendidikan di beberapa daerah bahkan sudah mensosialisasikan pendidikan karakter melalui penyusunan disain hingga rencana pelaksanaan pembelajaran (berbasis) karakter, tetapi hasilnya masih dalam tanda tanya.
Langganan:
Postingan (Atom)
Mengapa Jokowi Diserang Habis-habisan?
Irfan Tamwifi Pensiun dari jabatan presiden, tidak membuat Jokowi terbebas dari berbagai serangan politik seperti yang dihadapinya menjelang...