TRANSLATE

Rabu, 15 Oktober 2014

MENANGISLAH BILA PERLU

Menangis sering dipandang sebagai ekspresi kelemahan, terutama bagi laki-laki, padahal menangis adalah keterampilan pertama sejak lahir. Menangis bahkan diciptakan karena bermanfaat bagi manusia.

Menangislah bila perlu...
Sebab menangis merupakan salah satu cara melepas emosi. Menangis menandakan seseorang memiliki perasaan, dapat merasakan senang, sedih, bahagia dan berduka. Menangis adalah mekanisme kejiwaan yang membantu manusia meredakan beban perasaan, mulai dari rasa bahagia, amarah, sedih, kecewa, hingga penyesalan. Menangis membantu manusia bertahan di bawah tekanan dan deraan rasa frustasi.

Menangislah bila perlu...
Sebab menangis merupakan mekanisme kejiwaan yang mampu meredakan perasaan tertekan. Menangis membantu mengurangi deraan stress agar tidak semakin berlebihan, dan kembali menemukan perasaan nyaman. Menangis merupakan pengganti kata-kata, pengungkapan beban pikiran dan perasaan yang tak paling berat untuk dikatakan. Menangis dapat memberikan perasaan lega, dan membuat seseorang lebih siap untuk kembali berkarya dan menghadapi dunia.

Menangislah bila perlu...
Sebab menangis dapat mensublimasikan perasaan, sikap dan perilaku yang tidak perlu. Menangis dapat mengalihkan amarah dengan air mata, hingga tak perlu berkata, bersikap dan bertindak yang menyakiti orang lain. Menangis adalah tanda kejujuran jiwa, yang dapat membuka kebuntuan batin dan mengantarkan pada ketenangan jiwa.    

Menangislah bila perlu...
Sebab menangis dapat membuat fisik lebih sehat. Menangis merupakan cara alami membersihkan mata, menurunkan kadar "mangan" yang konon bertanggung jawab dalam merusak suasana hati (mood), bahkan menurunkan tekanan darah (hipertensi). (merdeka.com)

Sesekali menangislah agar dirimu lebih berdaya...

Tidak ada komentar: