TRANSLATE

Senin, 30 Oktober 2017

KETERBUKAAN ITU SUSAH, TAPI INDAH

Kejujuran dan keterbukaan merupakan kunci keberhasilan, dan jalan terlapang untuk menyelesaikan setiap masalah masalah. Kejujuran dan keterbukaan memungkinkan setiap masalah diurai dengan jelas, hingga mudah dipahami dan dicarikan solusi. Seperti halnya kerja dokter, kejujuran dan kejelasan penyakit memungkinkan dokter memberikan terapi atau tindakan untuk menyembuhkannya. 

Masalahnya, kejujuran dan keterbukaan ternyata bukan hal mudah untuk dilakukan. Hambatan utama kejujuran dan keterbukaan adalah ego manusia sendiri. Tak semua orang mampu, tak siap atau tak berani jujur dan terbuka. 

Seseorang akan memilih memilih berbohong, menutup-tutupi, menyamarkan suatu kenyataan demi menyelamatkan egonya sendiri. Ego manusia membuatnya resisten terhadap hal-hal yang membuatnya malu,turun harga diri, dimarahi, dihukum, dibenci atau bahkan dimusuhi.

Yang paling menyedihkan adalah seringnya kejujuran dan keterbukaan dihindari demi meraih keuntungan. Banyak orang menggunakan kebohongan dan ketertutupan semi meraup keuntungan untuk dirinya sendiri. Padahal akibat yang harus ditanggung biasanya jauh lebih besar ketika kebohongan dan hal-hal yang selalu ditutupi terbongkar di hadapan orang lain.

Selain itu, kejujuran dan keterbukaan sulit dilakukan karena tak semua orang siap menerima kejujuran orang lain. Kejujuran seseorang tidak jarang justeru direspon secara positif. Keterbukaan tidak jarang direspon dengan kemarahan, penghinaan, kekecewaan, sakit hati, bahkan permusuhan, sama dengan yang dikhawatirkan oleh orang yang memilih tidak jujur.

Pasangan yang secara jujur mengakui masih mencintai atau bahkan menjalin hubungan spesial dengan orang lain, pada umumnya direspon dengan amarah, sakit hati, atau bahkan lebih buruk lagi. Rasa shok, sedih, atau kecewa adalah reaksi manusiawi, tetapi luapan emosional tidak seharusnya dibiarkan mendominasi. Larut dalam tekanan emosi seperti itu tidak memberikan solusi, bahkan sering kali hanya memperburuk keadaan.

Apapun adanya, kejujuran dan keterbukaan seharusnya dihargai. Apapun adanya, buah dari kejujuran dan keterbukaan memberikan kejelasan duduk permasalahan yang sebenarnya. Kejelasan masalah merupakan jalan lapang bagi seseorang untuk mengambil sikap dan tindakan terbaik. 

Kejelasan masalah memang tidak seketika membuat semua menjadi mudah, tetapi setidaknya sudah membawa seseorang keluar dari ketidakpastian dan melangkah pasti.

Tidak ada komentar: