TRANSLATE

Sabtu, 18 Oktober 2014

MEMBICARAKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRI SENDIRI

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja, kebanyakan orang lebih suka berbicara tentang kelebihan dirinya, tetapi hampir tidak ada yang suka membicarakan kekurangan dirinya. 

Bicara tentang kelebihan diri sendiri memang menyenangkan. Padahal seseorang yang hanya membuka dirinya untuk membicarakan kelebihannya saja hanya kian mengokohkan ego dengan membanggakan diri. Pada gilirannya sikap seperti akan menyulitkan seseorang untuk komunikasi dengan baik dan menyelesaikan masalah.

Membicarakan kelebihan diri sendiri dapat membuat seseorang ingin selalu dipandang sempurna, seakan bersih dari kekurangan. Orang seperti ini biasanya mudah tersinggung bila dikritik atau dibicarakan kekurangannya.

Kebanyakan orang tidak suka membicarakan kekurangan diri sendiri karena hal itu sering membuat seseorang merasa tersudut, tersinggung, merasa dipersalahkan ataupun dipermalukan. Padahal membicarakan kekurangan memungkinkan seseorang memperbaiki diri dan memiliki kelebihan.

Kekurangan pada diri seseorang sering kali menjadi sebab munculnya masalah. Memahami dan mengatasi kekurangan dengan sendirinya merupakan cara terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Memperbaiki diri melalui koreksi diri ataupun menyelesaikan masalah dengan memahami kekurangan diri sendiri memerlukan kerendahan hati untuk bersedia memahami betapa diri kita bukan insan sempurna. 

Tidak ada komentar: