TRANSLATE

Minggu, 18 Desember 2011

PRASYARAT PENERAPAN PAKEM


Penerapan PAKEM membutuhkan beberapa prasyarat. Prasyarat utama pakem terletak pada guru. Selain guru, PAKEM membutuhkan dukungan managemen sekolah, kesiapan kurikulum serta sarana dan prasarana, sebab berbagai kelengkapan dan usaha menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan terletak pada guru. Di antara prasyarat yang melekat pada guru adalah:
1.      Guru berkepribadian menarik dan berwibawa.
Penerapan PAKEM tidak efektif bilamana guru bukan pribadi yang menarik, yaitu seseorang yang mampu menempatkan diri sebagai sosok yang disukai, bahkan dikagumi oleh siswa. Pada tingkat lebih tinggi, guru yang menarik adalah guru yang mampu menjadikan dirinya sebagai idola siswa. Guru yang berkepribadian menarik kadang bahkan jauh lebih dipercaya oleh siswa dibanding orang tuanya sendiri. Di antara cirri guru tipe ini adalah:
Kepribadian berwibawa adalah kekuatan mental seseorang untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain. Guru yang berwibawa memiliki kekuatan mental yang mampu membuat siswa menghormatinya, dan mengikuti setiap instruksinya.
Berpenampilan bersih dan rapi, bersikap tegas, tetapi bersahabat,
Di antara tanda-tanda guru berkepribadian menarik dan berwibawa adalah:
a.      Berpakaian rapi
b.      Percaya diri, tegas, bukan keras atau kasar.  
c.       Dekat, disukai, dihormati, dipercaya dan menjadi tempat bertanya siswa.
d.      Instruksinya didengar, diperhatikan dan diikuti oleh siswa.
2.      Sikap guru semangat, antusias dan gembira
Suasana dan sikap mental guru selalu menginduksi (nyetrum) pada siswa. Sikap siswa dalam belajar ditentukan oleh sikap gurunya. Guru yang bersemangat, antusias dan gembira akan membuat siswa bersikap sama. PAKEM hanya akan berjalan menarik dan efektif mengantarkan pada keberhasilan bila guru mengajar dengan sikap demikian.
Semangat berarti kemauan keras membuat siswa berhasil. Sikap antusias berarti guru tertarik dengan materi yang sedang dipelajari dan mengajar dengan penuh empati. Gembira berarti guru memang menikmati pekerjaannya.
3.      Sikap guru bersahabat dan terbuka
PAKEM membutuhkan guru yang mampu bersikap bersahabat pada siswanya. Sebagaimana nabi yang menempatkan murid-muridnya sebagai sahabat, gurupun seharusnya demikian. Di antara sikap yang mencerminkan bahwa seorang guru mampu bersikap bersahabat dan terbuka adalah:
a.      Guru dekat dengan siswa, bukan menjaga jarak.
b.      Memberi kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk bertanya, menyampaikan pendapat, memberi masukan dan sebagainya.
c.       Menghindari sikap menyalahkan siswa.
d.      Sedapat mungkin menghindari amarah.
4.      Guru cerdas dan kreatif
Prasyarat paling berat dari penerapan PAKEM adalah kebutuhan atas guru yang cerdas dan kreatif. Hal ini dikarenakan PAKEM menuntut kemampuan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif menggali pengetahuan, efektif mengantarkan pada tujuan pembelajaran, bervariasi dalam strategi, metode dan media, serta menarik.
5.      Guru mampu mengendalikan emosi dan mengelola energinya sendiri.
Prasyarat tambahan untuk penerapan PAKEM yang efektif adalah kemampuan guru mengendalikan emosi dan mengelola energi. Prasyarat ini merupakan kelengkapan dari prasyarat sebelumnya terutama prasyarat kedua dan ketiga.
Selain di sekolah guru juga manusia biasa yang kadang dihadapkan pada berbagai persoalan hidup. Guru PAKEM harus mampu memilahkan persoalan yang dihadapi di luar kelas dengan tugas profesionalnya. Selain itu, alokasi waktu pembelajaran yang panjang di sekolah menuntut guru mampu mengelola energinya secara kreatif, dengan cara mengupayakan siswa aktif dan guru hanya berperan sebagai pembimbing dan pengarah.

Posting Komentar