TRANSLATE

Sabtu, 25 Desember 2010

SEBUAH AWAL YANG BAIK

Ini merupakan prestasi terbaik SD Islam Darush Sholihin selama 4 tahun terakhir. Berbeda dari 4 tahun sebelumnya, selama 2 minggu pertama masuk sekolah tidak ada complain sama sekali dari wali murid. Allahu Akbar. Ini luar biasa. Padahal tahun-tahun sebelumnya, sejak hari pertama selalu penuh complain khususnya dari wali murid kelas I.

Setelah 3 minggu berjalan baru ada 3 orang yang meminta perubahan sikap guru, yang sebagian masuk akal, tetapi ada juga yang tidak. Permintaan agar guru kelas awal bersikap lebih luwes seperti guru TK memang kita sadari belum optimal dan tengah kita kembangkan, tetapi soal jam sekolah yang harus diubah atau target pembelajaran tidak usah diberlakukan tentu sulit untuk dipenuhi.

Memang, kualitas guru tahun ini secara kualitatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi secara keseluruhan, pengelolaan kelas mereka sudah cukup baik. Mereka juga tampak penuh bersungguh-sungguh untuk terus berusaha mencapai kondisi ideal, bukan seenaknya sendiri seperti di masa lalu. Sangat menyedihkan rasanya bila ingat tahun lalu, karena saat hari masuk sekolah dimulai presensi saja tidak punya.

Karena itu, di samping beberapa kekurangan, banyak hal yang sudah berubah dibanding masa lalu. Siswa-siswa lebih tertib di sekolah, jam belajar lebih efektif dan target pembelajaran relatif terkendali. Pengelolaan sekolah sejak hari pertama relatif tidak kedodoran meski guru-guru juga mengakui masih ada kekurangan di sana-sini. (Salinan Senin, 16 Agustus 2010)

Posting Komentar